Uncategorized

Gejala Awal Penyakit Degenerasi Makula

Gejala Awal Penyakit Degenerasi Makula berikut ini perlu anda ketahui agar mendapat penanganan yang tepat dalam mengatasinya sejak dini dengan cara alami.

Gejala Awal Penyakit Degenerasi Makula

Penyakit Degenerasi Makula merupakan suatu penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan dibagian tengah bidang pandang, dan merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia yang sering terjadi pada usia diatas 60 tahun. Walaupun penyakit ini tidak mengakibatkan kebutaan total, namun keterbatasan kemampuan penglihatan akan terjadi. Pada waktu ke waktu penyakit ini cenderung memburuk dan penyakit ini termasuk kondisi yang berkaitan dengan umur.

Degenerasi makula dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Degenerasi makula kering. Biasanya diawali dengan munculnya penumpukan zat sisa di bawah retina yang disebut drusen. Penumpukan drusen yang semakin banyak akan memengaruhi penglihatan. Jika terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan terjadi degenerasi dan menipisnya sel yang berada pada lapisan bagian luar retina.
  2. Degenerasi makula basah. Umumnya berkaitan dengan menurunkan kondisi lapisan bagian luar retina. Hal ini terjadi karena tumbuhnya pembuluh darah baru yang rapuh di belakang lapisan makula. Pembuluh darah rapuh ini cenderung mudah bocor dan mengeluarkan darah atau cairan yang menyebabkan jaringan parut di makula. Degenerasi makula basah bisa memengaruhi penglihatan pusat lebih cepat dari degenerasi makula kering, yaitu dalam hitungan minggu hingga bulan.

Tanda Gejala Awal Degenerasi Makula Terkait Usia

Jika Anda berada di tahap awal, penyakit degenerasi makula mungkin tidak memiliki gejala. Tanda pertama yang Anda perhatikan adalah perubahan gradual atau tiba-tiba dalam kualitas visi Anda atau garis lurus tampak terdistorsi kepada Anda. Ini secara berangsur-angsur berubah menjadi kehilangan visi sentral Anda yang dramatis. Gejala lain termasuk:

  • Area gelap, buram, atau putih yang muncul di pusat penglihatan Anda.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin memiliki perubahan dalam persepsi warna Anda.
  • Distorsi garis lurus, membuat terlihat bergelombang.
  • Pada tahap yang tinggi, degenerasi makula akan tampak dari: titik buta, penurunan penglihatan secara tiba-tiba dan kehilangan pada penglihatan pusat.

Mungkin itulah Gejala Awal Penyakit Degenerasi Makula yang dapat saya share kepada kalian, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya : Cara mengobati mata minus tradisional dan walatra sehat mata jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *